Tips Menyusun Budget untuk Trip Mu!

 

Salah satu aspek yang paling menyenangkan dari sebuah perjalanan menurutku adalah proses perencanaannya. Dimana kita harus memikirkan berapa banyak budget yang kita butuhkan.
Jangan sampai kita kehabisan uang disaat sedang berlibur, karena hal seperti ini benar-benar dapat merusak perjalanan mu.
Cara terbaik untuk memulainya adalah memisahkan setiap anggaran dengan kategori yang berbeda-beda, misalnya budget untuk makan, transportasi, oleh-oleh, penginapan dll. Bisa kamu catat terlebih dahulu di Excel, Notepad atau saya sarankan memakai Google Drive yang bisa kamu akses dimana saja untuk mengatur total biaya masing-masing.
Langkah pertama dalam anggaran perjalanan adalah memutuskan seperti apa gaya perjalanan mu, misalnya saja kamu memilih secara backpacker an atau ikut travel agent. Karena masing-masing gaya perjalanan mempunyai anggaran yang berbeda.
Jadi gimana sih cara merencanakan anggaran untuk perjalanan?
Nah ini dia beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk merencanakan dan membuat anggaran untuk liburan mu:

Cara untuk sampai Tujuan

PESAWAT_INTANAERUM

Ilustrasi Pesawat. Foto by : Intan Styaningrum

Moda transportasi untuk mencapai daerah tujuan mu adalah pengeluaran terbesar mu. Kamu bisa cek harga untuk penerbangan dari agent tiket untuk beberapa bulan ke depan. Karena biasanya harga tiket akan lebih murah dan terkadang akan ada penawaran harga terbaik atau promo pada waktu tertentu.
Jika kamu merencanakan perjalanan dalam waktu dekat dan dalam masa liburan yang panjang kamu bisa prioritaskan pada jalur darat. Contohnya : Apabila kamu ingin melakukan perjalanan ke Bali dari Jogja, kamu bisa berangkat dengan menumpang moda kereta api dan kembali ke daerah dengan jalur udara, dengan anggaran :
Tiket kereta api Jogja – Banyuwangi : 96ribu
Tiket kapal : 6ribu
Bus Gilimanuk – Denpasar : 40ribu
Adapun untuk pesawat Dps – Jog (dgn harga termurah) : 450rbu
Jadi disini kamu mampu menghemat lebih dari 258 ribu untuk keberangkatan ( dari jalur udara
jog – dps :400rbu).

Akomodasi Penginapan

RumahSinggah_IntanAerum

Ilustrasi Rumah Singgah Banyuwangi. Foto by : Intan Styaningrum

Jika kamu memilih perjalanan dengan gaya backpacker alangkah baiknya untuk memilih tempat tinggal seperti home stay atau motel dengan harga yang lebih murah, daripada harus tinggal di hotel. Atau jika di daerah tujuan mu menyediakan rumah singgah backpacker, kamu bisa memilihnya untuk dijadikan tempat tinggal mu selama berlibur, toh kebanyakan rumah singgah tidak pernah memungut biaya untuk siapapun yang akan tinggal disana. Atau jika kamu tetap memilih tinggal di hotel kamu bisa memanfaatkan promo-promo yang tersedia di berbagai situs pencarian untuk booking hotel.

Transportasi

TransJogja_IntanAerum

Ilustrasi Trans Jogja. Foto by : Tribun News

Pilihan terbaik untuk memilih sebuah transportasi di suatu daerah adalah moda angkutan umum yang lebih terjangkau dan murah, atau apabila di tempat tujuan mu angkutan umum memang sangat jarang ditemukan, alternatif lain yang bisa kamu pilih adalah menyewa sepeda motor dengan harga rata-rata 100 ribu per harinya, atau jika kamu datang dengan rombongan, kamu bisa sewa mobil dengan rata-rata 400 ribu per hari dan bisa kamu bagi secara rata.

Makan

Bakar Ikan

Ilustrasi Ikan Bakar Manado. Foto by : Intan Styaninrgum

Makan bisa jadi beban atau pengeluaran yang lumayan banyak nih, tapi tergantung kamu untuk memilih apa yang akan disantap. Biasanya saya menganggarkan 25ribu untuk setiap makan dengan menu biasa (rumah an) dan menyisihkan uang lebih untuk menyicipi makanan khas daerah lokal. Atau kamu bisa memanfaatkan air mineral gratis yang tersedia di tempat menginap mu untuk dibawa bekal jalan-jalan.

Tempat Wisata

GWK_IntanAerum

Ilustrasi GWK. Foto by : Intan Styaningrum

Cara tepat untuk menentukan berapa banyak pengeluaran untuk tempat wisata adalah menentukan tempat mana saja yang akan kamu kunjungi dan berapa biaya masuknya. Kamu bisa mencari referensi atau biaya masuk dari website-website tempat wisata resmi yang dikelola oleh pemerintah atau perseorangan.

Hiburan

TariKecak_IntanAerum

Ilustrasi Tari Kecak. Foto by : uluwatukecakdance.com

Biaya hiburan dapat ditambahkan, tergantung pada minat mu dan jenis perjalanan yang akan kamu lakukan. Jika kamu berencana ingin melihat pertunjukan Tari Kecak di Uluwatu, saya menyarankan untuk mengecek dan memesan tiket lewat website resminya dan jika tidak, siap-siaplah kamu akan dipatok dengan harga diatas harga resminya.

Biaya lain-lain
Pastikan di dompet mu selalu ada uang yang kamu simpan tersendiri untuk biaya tak terduga, yang artinya uang tersebut tidak boleh digunakan sampai benar-benar terdesak.

Nah itu dia beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk membuat sebuah anggaran perjalanan mu, saya berharap bahwa tips ini bisa menginspirasi untuk mendapatkan pemikiran dan menemukan bahwa tujuan pilihan mu mungkin tidak akan semahal apa yang dipikirkan mu selama ini.

Selamat mencoba membuat itinerary dan semoga sukses!

Leave a Reply