Backpacker-an Hemat ke Pulau Karimun Jawa

1 tahun yang lalu, kita melakukan perjalanan ke Karimunjawa. Sebenarnya berlibur ke Karimun sudah masuk di list tahun 2014, tapi apa daya karena banyaknya tugas kuliah dan kerjaan lain yang buat trip ini jadi tertunda sampai 2015.

Niat dari awal memang kita gak pakai jasa trip, jadi dari jauh-jauh hari kita udah cari personil yang mau ikutan trip ini, tapi dari sekian banyaknya teman ku yang aku ajak, gak ada satupun yang bisa ikut 😥 . Daripada kita gagal lagi, akhirnya kita sepakat buat cari teman baru (share cost) yang mau trip ke Karimun Jawa di salah satu forum Backpacker, setelah kita cari-cari dan Alhamdulillah ternyata ada dan berangkat di akhir agustus ini, langsung saja kita ikutan gabung (Untuk share cost ini semua biaya ditanggung bersama jadi gak ada yang merasa diuntungkan atau dirugikan). Waktu itu sudah ada 17 orang yang gabung juga (hahaha banyak banget kan ya  😆 ) kita semua (19 org) fix berangkat tanggal 29 Agustus – 1 September 2015 dan meeting point di Pelabuhan Kartini Jepara, jadi kita tinggal di Karimun Jawa selama 4 hari 3 malam.

Now, let’s check my trip !!! (untuk harga nanti akan aku list dibawah ya!)

28 Agustus 2015.

Kita pesan tiket travel Jogja – Jepara (lupa nama travelnya) travel ini khusus antar wisatawan dari Jogja ke Pelabuhan Jepara dan kita janjian buat dijemput di depan pasar Condong Catur jam 11 malam, saking semangatnya kita udah nongkrong tuh di depan pasar dari jam setengah 11, kita tunggu sampai jam 11 tapi travelnya belum dateng, langsung kita telp agent nya dan mereka bilang mobilnya lagi otw kesini dari kaliurang. Sampai jam 12 malam kita nunggu di depan pasar dan mobilnya gak dateng juga (antara takut ditipu sama takut gak jadi ke Karimun) Akhirnya jam setengah 1 malam mobilnya sampai di depan pasar condong catur, dengan perasaan kecewa tapi bersyukur juga karena sudah datang. Selama perjalanan itu aku hanya berdo’a semoga kita tidak tertinggal jadwal kapalnya.

Day 1 29 Agustus 2015

Pukul 05.15 mobil kita tiba di Pelabuhan Kartini, suasana pagi itu sudah sesak sama masyarakat asli karimunjawa yang mau pulang bawa barang dagangannya dan teman-teman yang lain juga sudah lebih dulu sampai disini, lanjut kita pesan tiket kapalnya.

kita naik kapal Feri Singinjai dengan keberangkatan jam 7 pagi (hanya 1 kali keberangkatan setiap harinya) dan lama perjalanan kira-kira 4 – 5 jam, tapi kalau pas ombak lautnya lumayan besar bisa sampai 5 jam lebih loh). kapal ini setiap harinya selalu sesak dan meskipun kalian udah dapat tiketnya tapi belum tentu loh kalian bisa dapat tempat duduk, pulang pergi ku di kapal ini kita semua pada duduk dan tiduran di lantai samping tangga  😥

Setelah 5 jam kapal mengarungi lautan, akhirnya tibalah kami di Pulau Karimun Jawa. Lanjut kami numpang mobil box bukaan  😀 (@2ribu / org, kira-kira jaraknya 2 km dari pelabuhan) menuju tempat penginapan, kita ber 19 sewa 2 rumah untuk tinggal, dengan jumlah 6 kamar (1 kamar bisa diisi 3 sampai 4 orang biayanya @25rbu per malam untuk 1 orangnya). Untuk makan bisa pesan langsung ke pemilik rumah (@20 ribu).

Sorenya kita numpang mobil box yang tadi untuk keliling ke Hutan mangrove dan Bukit Joko Tuo.

Day 2 30 Agustus 2015

Jadwal hari ini kita akan nyebrang ke pulau-pulau dan snorkeling. Jarak antara penginapan dengan pelabuhan yang kecil hanya 1 km jadi kita bisa jalan kaki sembari jalan-jalan. Pertama kali yang kita datangi adalah penangkaran hiu, jadi kita bisa berenang-renang gitu sama hiu (eitss tenang aja hiunya kecil-kecil kok  😀 )

13118257_478435675694708_227222007_n

lanjut kami menuju spot snorkeling di dekat pulau Menjangan kecil.

DCIM100GOPROGOPR2862.

Lanjut kita menuju ke Pulau Cemara Kecil, ohiya menurutku pulau ini yang paling bagus diantara pulau lainnya, banyak ayunan dan pasir putih yang membentang luas. Ahhh pokoknya bagusss banget,, untuk makan siang kami sudah disediakan oleh pemilik kapal (kita dibakarin ikan laut ) enakkk banget rasanya, makan di tepi pantai dengan semilir angin.. gak ngerti ini bapaknya yang pintar masak atau memang suasananya yg mendukung jadi serasa benar-benar nikmat.  🙂

IMG_0654_1444049300865

Selanjutnya kami menuju spot snorkeling yang ke-2 dan kami pulang ke pulau Karimun.

DCIM100GOPROGOPR2393.

Day 3 31 Agustus 2015

Rencana trip kami hari ini adalah 2 spot snorkeling dan 2 pulau. Pertama kami snorkeling lalu menuju pulau Menjangan kecil, di pulau ini ada banyak resort dan ayunan di pantainya.

Processed with VSCOcam with s3 preset

Selanjutnya kami menuju spot snorkeling di dekat Tanjung Gelam, tapi karena udah pada capek akhirnya langsung ke pantai nya aja, disini kita menyusuri bagian utara Tanjung Gelam, spot fotonya bagusss bangett.

Setelah selesai kita balik ke Karimun, dan malamnya nongkrong di alun-alun pesan ikan laut, di tempat ini lumayan rame sama pengunjung. Ohiya alun-alun ini tepatnya ada disebelah pelabuhan kecil kalau kita mau berlayar ke pulau-pulau, jadi dekat banget dengan penginapan, di Karimun sendiri ATM hanya ada 1 (BRI).

Day 4 31 Agustus 2015

Pukul 5 kami semua sudah siap berkemas untuk kembali ke Jepara, sekitar jam setengah 6 sarapan datang dan kami lanjut ke pelabuhan besar dengan jalan kaki. Kami langsung masuk ke kapal dan lagi-lagi kami harus duduk di lantai. (Tapi menurutku malah enak di lantai sih kalau buat tiduran kaki bisa slonjoran kemana-mana  😆 ) Perjalanan pulang ini kapal begitu sunyi, bukan karena sepi melainkan semua penumpang pada tidur semua  😛 . Kira-kira 5 jam kapal kami tiba di pelabuhan Kartini, lanjut kami pamit dan pisah untuk melanjutkan pulang ke daerah masing-masing (waktu itu ada yg datang dari Jakarta, bogor, bandung, bali, jogja, kediri dll) lanjut kami ke terminal untuk memesan tiket bus ke Jogja, tapi ternyata tidak ada bus tujuan Jogja dan kita harus ke Semarang terlebih dahulu, akhirnya kita naik bus kecil tujuan Semarang (tapi sedihnya bus ini leletttt banget jalannya, rasanya gak sampe-sampe tempat tujuan) sekitar jam 17.00 lebih kita sampai di terminal Semarang dan kesedihan ku berlanjut karena bus terakhir tujuan Jogja sudah berangkat 10 menit yang lalu, yang tersisa hanya tujuan Solo lewat Salatiga (bukan lewat Jogja) Jadi kami harus turun Solo dulu lanjut bus untuk ke Jogja, mana dibohongin pula sama bus dari Semarangnya (katanya sudah ada bus yg nunggu dan nanti gak bayar lagi ke Jogjanya, ehh ternyata di seberang jalan gak ada bus dan kita harus nunggu bus lain dengan membayar ongkos lagi, sebenarnya ya cuma 10rbu sih solo – jogja tapi kalau dibohongin gitu ya mangkel juga).

Untung bus solo jogja nya ngebutt banget, jadi sekitar jam 10 malam kami sudah sampai di Jogja.

Rincian biaya :

Biaya hanya dari Jepara – Karimunjawa – Jepara

Day 1 :

Sarapan (sudah bawa bekal dari Jogja)

Kapal Feri Jepara – Karimun @60.000

Mobil box (pelabuhan – penginapan) @2.000

Makan siang (dari Homestay) @20.000

Mobil box (ke Hutan Mangrove & Bukit ) @16.000

Masuk kawasan Hutan Mangrove @10.000

Masuk kawasan Bukit Joko Tuo @10.000

Total biaya Day 1 Rp 118.000

Day 2

Kapal untuk keliling 1 hari (Rp 450.000 /19 org) @24.000

Guide ( Rp 250.000 / 19 org) Rp 13.000

Makan malam (dari Homestay) @20.000

Total biaya Day 2 Rp 180.000

Day 3

Kapal untuk keliling 1 hari (Rp 450.000 /19 org) @24.000

Sewa alat snorkeling ( mask, snorkel, fin ) @30.000

Biaya Sandar kapal (Menjangan kecil Rp 30.000 / 19 org) @1.500

Makan (ikan bakar) @20.000

Biaya Sandar kapal (Tanjung Gelam Rp 30.000 / 19 org) @1.500

Guide ( Rp 250.000 / 19 org) Rp 13.000

Makan malam (di alun-alun) @30.000

Total biaya Day 3 Rp 164.000

Day 4

Kapal (Karimun Jawa – Jepara) @60.000

Makan siang di pelabuhan @15.000

Total biaya Day 4 Rp 95.000

Total biaya 4D3N Rp 557.000 (MURAH KAN!!!!  😆  😆 )

8 Replies to “Backpacker-an Hemat ke Pulau Karimun Jawa”

1. Halo mba intan. Asik sekali tripnya. Boleh minta cp kapal sewanya? Trims

1. Terima kasih mas dedy, nanti no nya aku send by email saja ya.

2. Ridho Hasanudin says: Reply

Mbak Intan, saya juga ada rencana ke Karimun tanpa Biro Wisata, boleh minta nomor HP sewa kapalnya. Makasih.

1. Hallo mas Ridho, maaf baru saya reply dan ternyata no pemilik kapalnya sudah tdk aktif. mohon maaf ya

3. Halo mbak intan, boleh saya minta cp kapal sewanya?

1. Hallo mas Rofi, maaf baru saya reply dan ternyata no pemilik kapalnya sudah tdk aktif. mohon maaf ya

4. Berarti nyeberang pakai kapal kita? Btw yang difotonya, kerangka ikan atau apa?

1. iya untuk ke pulau-pulau disekitar karimunjawa harus pakai kapal lagi dan bernar itu kerangka ikan di bukit Joko Tu.