Backpacker an ke Baluran – Menjangan

Perjalanan kali ini bener-bener beda, ada kesedihan yang aku alami saat berangkat trip Baluran – Menjangan.

5 Mei 2016 aku mulai berangkat dari Jogja menuju Banyuwangi, tiket kereta Banyuwangi dan tiket pesawat denpasar Jogja semua sudah beres dan kita tinggal berangkat. Waktu itu rencana kita akan meng-explore Baluran, Gunung Ijen, Menjangan dan Bali.

Day 1, 5 Mei 2016

Entah pagi ini aku yang kurang semangat atau karena terlalu lama beli makanan kita sampai gak sadar kalau sudah jam 7 kurang 15 menit. Buru-buru aku ambil tas dan langsung ngebut ke stasiun Lempuyangan, 15 menit lagi kereta  berangkat dan aku terjebak di ramenya jalanan jogja. Pengumuman untuk segera naik ke kereta terdengar saat kita mulai memasuki parkiran stasiun, tanpa fikir panjang kita langsung cari parkir dan berlari untuk mengejar kereta, saat kita sudah sampai di tempat pengecekan, ternyata kereta sudah mulai berjalan dannn alhasil kita tidak diperbolehkan untuk masuk. 😥  😥

Bingung, sedih dan eman-eman sama tiketnyaa 😥 udah lemes aja sambil mikir nanti berangkatnya naik apa, cek tiket kereta tujuan surabaya juga udah habis dan gak ada pilihan lagi selain harus naik bus. Kita search jadwal bus tujuan Banyuwangi dan langsung ke terminal Giwangan, sesampainya disana kita dapat info kalau bus tujuan Banyuwangi sudah sesak sama calon penumpang yang berangkat jam 1 siang dan kita ditawarin naik mobil travel tapi harganya lebih mahal  3 kali lipat dari harga bus. Tapi karena kita belum yakin, akhirnya kita tanya ke pusat informasi untuk jadwal pasti keberangkatan Banyuwangi dan ditunjukkan tempat pemberangkatannya. Sampai di sana kaget karena memang di depan sudah penuh dengan penumpang dan akhirnya aku telfon ke agent bus Mila untuk pembelian tiket, dan petugasnya bilang kalau tidak ada sistem book dan harus menunggu saat bus tiba. Akhirnya kita memutuskan untuk menunggu kedatangan bus sampai jam 1 siang, tapi anehnya di ruang tunggu dalam ini hanya ada kita ber2, karena penasaran dengan banyaknya penumpang yang ada di depan (yang kata bapak-bapak tadi itu penumpang ke Banyuwangi) akhirnya kita tanya penjual sekitar dan jawaban mereka… “Oh itu penumpang ke Cilacap mbak, dari kemarin sore memang rame terus“.. yaampunnn ternyata aku dibohongin sama bapak-bapak depan itu dan untungnya aku gak ambil tawarannya buat ikut travel nya dan tau gitu kan tadi bisa keluar terminal buat beli makanan dulu 😥 .

Tips buat kalian : Selalu tanya info yang pasti ke pusat informasi yang ada, jika ada yang menawarkan tiket tujuan yang kamu butuhkan jangan tergesa-gesa untuk membelinya. Pastikan untuk konfirmasi terlebih dahulu ke agent penjualan tiket yang resmi.

Jam 13.00, Akhirnya bus yang ditunggu-tunggu pun datang setelah kita menunggu 5 jam di terminal 🙁 , dan hanya terisi 5 orang dari Jogja (termasuk kita)  😆  bus mulai terisi penuh saat memasuki terminal Solo.

Day 2, 6 Mei 2016

Aku kira kesialan ku hari ini berakhir ternyata bus yang kita tumpangi mengalami kerusakan di bagian ban nya, dan harus berkali-kali berhenti di bengkel 😕 sampai puncaknya jam 1 dini hari di sekitar Kediri, bus berhenti lama sekali dan ternyata bus yang kita tumpangi menunggu bus Mila yang lain (keberangkatan jam 5 sore kemarin) dan kita harus di oper ke bus itu. 😐 Yang harusnya sampai ditujuan jam 4 pagi tapi molor jadi jam 8 pagi (18 jam kita di dalam bus) 🙁

Ohiya perjalan kali ini kita istirahat di “Rumah Singgah Backpacker” tempatnya tepat ada di depan stasiun kereta Karangasem Banyuwangi, Mas Rahmat itulah nama pemiliknya. Sebelumnya kita sudah menghubungi jauh-jauh hari untuk minta izin tinggal 2 hari 2 malam di Rumsing ini dan kita juga dicari-in teman untuk join ke Baluran, Ijen dan Menjangan. (waktu itu sudah terkumpul 9 orang dari grup PSK <Piknik Sak Karepe>)

RumahSinggah_IntanAerum

Tempat wisata yang pertama kami datangi adalah Baluran, itu lohh si afrika mini nya Indonesia 😀 Perjalanan kira-kira 1 jam ke gerbang Baluran (dari Rumsing), dan masuknya juga kurang lebih 1 jam lagi. Kami berangkat sewa mobil elf yang sudah diurus oleh teman-teman PSK. Tiket masuk Rp 15.000,-  Nah di Baluran ini banyak hewan-hewan yang berkeliaran dan ada 1 satu lagi yang gak boleh dilewatin yaitu Pantai Bama, letak pantai ini ada diujung dari hutan Baluran.

DSCF6569

DSCF6522

DSCF6530

DSCF6540

DSCF6548

Day 3, 7 Mei 2016

Jadwal pagi ini ke Kawah Ijen lalu lanjut ke Menjangan, tapi karena masih kecapek an akhirnya kita tinggal di Rumsing dan tidak ikut ke Ijen. Cuma nanti kita barengan lagi ke Menjangannya. Untuk masuk ke Ijen biaya nya murah banget cuma Rp 5.000 /orang. Buat kalian yang pengen ke Ijen di rumsing ini juga menyewakan sepeda motor dengan harga sewa per hari 75.000,-

Jarak dari Rumsing ke Pelabuhan kira-kira 45 menit dengan naik bus, 1 kapal bisa muat 10 tamu dengan biaya Rp 1.800.000,- sudah termasuk alat snorkeling dan makan siang. Untuk menuju ke Menjangan sebenarnya ada 2 jalan, yaitu bisa lewat banyuwangi dan bisa lewat Bali, tapi menurut ku lebih enak lewat Banyuwangi sih, jaraknya lebih dekat dan lebih murah biaya.

Tempat snorkeling di Menjangan ini bagus banget, karangnya masih terawat. Pokoknya keren, tapi sayang waktu kita snorkeling gak foto-foto, karena kita berangkatnya udah terlalu siang jadi gak bisa lama di pulau ini.

DSCF6624

DSCF6718

DCIM101MEDIA

DSCF6695

Selain ke Menjangan kita juga singgah ke Pulau Tabuhan, pulaunya dekat dengan Banyuwangi. Di pulau ini ada banyak bintang laut di pinggiran, pas kita kesana ada juga yang lagi camping 😀

DSCF6742

Pukul 5 sore kita kembali ke Banyuwangi, istirahat dan siap-siap paginya kita lanjut ke Bali.

 

4 Replies to “Backpacker an ke Baluran – Menjangan”

  1. Hai mbak, ini risman anak PSK, entah gimana ceritanya aku sampe di tulisan mbak intan ini hehee

    Nice mbak! Semoga ada trip berikutnya lagi 😀

    1. hai mas risman,, apa kabar? btw terima kasih sudah nyasar ditulisan ini. hehehe
      besok kalau ada trip lagi dari anak-anak PSK kabarin kita ya, siapa tau nanti bisa gabung.

  2. Hai mba intan, tulisannya sangat membantu sekali utk yg mau backpacker ke sana seperti saya. Oiya mau tanya mba, rumah singgah backpackernya apakah itu utk umum atau itu cuma kenalannya mba? Kalo utk umum, cara menghubungi nya kalau mau sewa? Terimakasih mba

    1. Hai mba nanna, Terima kasih sudah mampir blog saya. Rumsing backpacker banyuwangi untuk umum mba, jauh hari sebelum mba mau singgah kesana bisa hubungi dulu pemiliknya (pak rahmad) no nya ada di spanduk yg ada di foto atas. Untuk alamatnya persis ada di depan stasiun Karangasem. 😊

Leave a Reply