Bukit Panguk Kediwung Bantul, Spot Tercantik Melihat Sunrise di Jogja

Bukit Panguk Kediwung Bantul | Berbicara tentang wisata kota Jogja mungkin tak akan ada habisnya, ada saja spot atau tempat wisata baru bermunculan yang menggoda untuk dikunjungi. Salah satunya ya ini wisata hits “Bukit Panguk Kediwung Bantul”.

Bukit Panguk Bantul berlokasi di Kediwung, Dlingo, Bantul. Kalau kamu pernah berkunjung ke Mangunan, nah wisata bukit panguk ini ada di dekat Mangunan sekitar 10 menit perjalanan. Kalau dari kota Jogja sekitar 1 jam perjalanan, melalui rute Imogiri timur. Kalau masih bingung bisa langsung search di google maps saja dengan kata kunci “Bukit Panguk Kediwung”.

Kalau kalian mau kesini, sebaiknya bawa kendaraan sendiri ya, karena memang belum ada transportasi umum yang lewat daerah ini dan karena lokasinya yang memang jauh dari kota dan melewati bukit-bukit yang jalanannya lumayan sepi. Hati-hati ya guys kalau kalian mau kesini soalnya jalanannya berkelok-kelok lumayan tajam, jadi harus extra fokus berkendara.

Bukit Panguk Kediwung ini menawarkan pesona sunrise dengan lautan awan, karena memang lokasi bukit ini menghadap ke arah timur, jadi lokasi ini cocok banget buat kalian yang ingin berburu sunrise. Jadi kalau mau kesini mending jam 05.30 sudah sampai di lokasi, soalnya kalau siang atau diatas jam 8 kalian baru sampai udah gak dapet lautan awannya dan matahari udah naik tinggi. Oiya sebenarnya didekat kawasan ini ada beberapa homestay yang biasa kalian sewa kok, jadi buat kalian yang mager dengan perjalanan jauh dan pagi-pagi banget mending kalian sewa homestay aja.

Waktu kesini aku seneng banget karena dapet golden sunrise yang bener-bener bagus, tapi gak berapa lama awan nya naik jadi gumpalannya sangat pekat (alias putih semua 😛 ) jadi cuma coba beberapa spot sama duduk di ayunan. Kalau awannya sudah hilang dibawah bisa keliatan pemandangan sungai Oya dan jejeran perbukitan.

Untuk masuk kawasan ini kalian cukup merogoh uang sebesar Rp 2.500 saja serta biaya parkir sepeda motor Rp 2.000,- dan mobil Rp 5.000,- dan untuk menikmati sunrisenya juga gak perlu berjalan kaki yang jauh, hanya saja kontur jalannya masih berupa bebatuan.

 

Disini ada banyak banget  spot foto unik yang bisa kalian pilih, totalnya ada 9 hanya saja disetiap spot foto ini dikenakan masing-masing Rp 3.000,- (lumayan mahal juga kalau semisal mau foto disemua spot  🙂 ) dan disetiap spot dijaga oleh petugas, tapi pemandangannya memang bagus banget sih, dijamin puas dan bikin betah disana. Spot foto yang paling hits disini adalah kereta kencana dengan kuda putihnya, oiya disini juga sering buat foto pre-wedding loh, kamu tertarik kah mau foto disini?

Kalau udah siang dan kabut udah hilang pemandangannya bukit-bukit dan sungai (seperti di mangunan). 2 foto dibawah ini kali ke-2 ku datang ke Panguk, anter temen cari sunrise ternyata malah mendung  🙂 so, sebenarnya penting banget buat kalian yang mau bepergian atau cari sunrise harus cek ramalan cuaca dulu.

Disini juga tersedia beberapa warung makan, jadi kalau kalian laper langsung cuss beli disitu aja, masalah harga mah masih murah kok.

Nah itu dia info yang bisa aku bagi buat kalian tentang bukit Punguk kediwung, kalau ke jogja jangan lupa mampir kesini ya. Selamat jalan-jalan!

Leave a Reply